Creating Today The Technology for Tomorrow
   
 Telusur Inovasi
 Membership
 Download
 Tips & Trik Hobi

 
 

KAMPUS IPTEK TOP

Pencarian

Info sebelumnya      |      Info selanjutnya

 

Institut Teknologi TELKOM
Rabu, 16-07-2008

"Center of Excellence on ICT Education"

Sejarah

STT Telkom didirikan oleh Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Teknologi dan Manajemen Telekomunikasi atau disingkat Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) pada 28 September 1990. Tujuan didirikannya STT Telkom adalah untuk memenuhi kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi yang tumbuh sangat pesat.

PT Telkom memberikan beasiswa penuh dan ikatan dinas kepada mahasiswa angkatan 1991 dan 1992. Adanya perubahan iklim industri telekomunikasi mengakibatkan program beasiswa dan ikatan dinas diberhentikan dan saat ini STT Telkom menjadi perguruan tinggi yang mandiri.

STT Telkom Berubah Status Jadi IT Telkom

Target strategis Yayasan Pendidikan Telkom untuk menjadikan STT TELKOM sebagai salah satu world class university pada tahun 2017 semakin terbuka lebar dengan diijinkannya perubahan status STT TELKOM menjadi Institut Teknologi TELKOM (IT TELKOM) melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan nomor 235/D/O/2007 tanggal 30 November 2007. Ijin tersebut ditindaklanjuti dengan peresmian logo baru IT Telkom sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung Learning Center IT Telkom, Laboratorium dan Gedung Politeknik Telkom di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Sabtu 23 Februari 2008.

Peresmian dilakukan oleh Komisaris Utama Telkom, Tanri Abeng, yang didampingi Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah, serta Rektor IT Telkom, Husni Amani. Logo baru yang berupa lingkaran biru memiliki pengertian dunia, dengan rotasi 3 kurva sebagai lambang dari tridharma perguruan tinggi, sedangkan warna biru pada logo merupakan simbol dari bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.

Jurusan yang tersedia:
  1. Departemen Informatika Program Studi yang Diselenggarakan: S1 Teknik Informatika dan D3 Teknik Informatika
    Laboratorium: Laboratorium Teori Informatika dan Pemrograman, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem dan Jaringan Komputer

  2. Departemen Elektro Program Studi yang Diselenggarakan: S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Komputer, D3 Teknik Telekomunikasi, dan S2 Teknik Elektro.
    Laboratorium: Laboratorium Sistem Elektronika, Jaringan dan Multimedia, Pengolahan Sinyal Informasi, Transmisi Telekomunikasi, Sistem Komunikasi,

  3. Departemen Industri Program Studi yang Diselenggarakan: Program Studi S1 Teknik Industri, Program Studi S1 Sistem Informasi.
    Laboratorium: Laboratorium Perancangan Industri, Manajemen Industri

  4. Departemen Sains Laboratorium: Laboratorium Ilmu Dasar Khusus, Ilmu Dasar Umum

  5. Direktorat Pasca Sarjana Program Studi yang Diselenggarakan: Magister Teknik Elektro Telekomunikasi
    Laboratorium: Laboratorium Sistem Komunikasi Bergerak (AMPS dan GSM), Laboratorium Pengolahan Sinyal Informasi/ Dijital, Laboratorium Transmisi Radio dan Jaringan
Fasilitas
  1. Ruang Kuliah
    STT TELKOM mempunyai kurang lebih 60 ruang kelas dengan kapasitas lebih dari 60 mahasiswa dan sebuah auditorium untuk kapasitas 200 mahasiswa. Setiap kelas dilengkapi dengan Overr-Head Projector, LCD Projector, Computer, Wireless Sound System, Camera dan Wireless LAN.
  2. Perpustakaan
    Jenis-jenis layanan yang tersedia di Perpustakaan STT Telkom: Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian), Referensi dan Periodikal, Jurnal Ilmiah Online, Pojok Perjuangan, Ruang Diskusi, Tugas Akhir dan Proyek Akhir, Pojok Rekreasi, Audio-visual dan Komputer, Fotocopy, Informasi StelaLine: /library.stttelkom.ac.id// untuk intranet.
  3. Sarana Olah Raga
    Fasilitas untuk kegiatan olahraga dan seni cukup lengkap, misalnya: 1 lapangan sepak bola, 2 lapangan tenis, 2 lapangan bola voli, 2 lapangan bola basket (outdoor dan indoor), menara panjat tebing, 4 lapangan badminton, 1 lapangan futsal outdoor, jalur jogging dan 1 tempat latihan fitness.
  4. Sarana Kesenian
    Fasilitas seninya antara lain: 1 set gamelan Jawa, 1 set gamelan Bali, 1 set gamelan Sunda, 1 set alat musik Minang, dan 1 set perangkat musik modern.
  5. Internet dan Hotspot
    Fasilitas internet berkecepatan 4 Mbps sharing ke semua pengguna (sivitas akademika) secara gratis dan tersedia 24 jam penuh. Mulai tahun 2005 ada fasilitas hotspot, yaitu pengaksesan intranet dan internet di dalam areal kampus (indoor dan outdoor) dan di indekosan sekitar STT.
  6. Sarana Pendukung
    Sarana Ibadah, Asrama, Kantin, Cafetaria, Pusat Bisnis (Koperasi Mahasiswa - KOPMA), Kantor Pos, Bank.

Kegiatan Kemahasiswaan
  1. UKM Olah Raga
    Pecinta alam, Institut Bioenergi Padma Bakti, Sepak Bola, Bulu Tangkis, Bola Basket, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Tae Kwon Do, WUSHU Naga Mas, Catur, Kei Shin Kan, Yudo
  2. UKM Kesenian
    Masyarakat Jurnalistik, Student English Club(SEC), Paduan Suara Mahasiswa(PSM), Unit Seni Budaya Minang(USBM), UKM Seni dan Budaya Djawa, Kesenian Sumatra Utara(Ukksu), UKM Band, Swara Waditra Sunda(SWS), Kesenian Bali (Widyacana Murti), Kerukunan Mahasiswa Sumbagsel(KEMMAS), Unit Budaya Aceh(UIKA), Unit Budaya Jepang(Japan Genki), Robotic Club, Programming Club
  3. UKM Kerohanian
  4. UKM Khusus
    KOPMA, Korp Sukarela(KSR) PMI, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HIMATEL) , Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF) , Masjur(Masyarakat Jurnalistik)

Prestasi Mahasiswa IT Telkom Tahun 2008
  1. Juara I Mahasiswa Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah IV Jabar Banten - Herpin Dwijayanti (Juni 2008)
  2. Finalis Indonesian ACM Progamming Contest - Fauzi Aulia Rahman,Karina Fitriani Fatimah,Oscar T.Ardianto (1 Juni 2008)
  3. Finalis,Kompetisi Robot Cerdas Indonesia - Tim Bagonkz A Fire Fighter /Rifki M.Bogara Endang Rusiana (22-24 Mei 2008)
  4. Juara 3, Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Kopertis,Wilayah B - Ary Setiyono ,Thommy Kennedy (28 Mei 2008)
  5. Juara 2,Microsoft Imagine Cup Kategori SW Design,Nasional - Biota.Net (Wirawan Winarto, Naufal Mikhdzam, Rizky (April 2008)
  6. Juara Umum,Festival Tari Bali Ke 15 Mahagotra Ganesha ITB, Tingkat JABAR - UKM Bali (8-10 Feb 2008)
  7. Juara 3,Presenting Idea Contest National English Competition - Herpin Dwijayanti (21-24 Feb 2008)
  8. Juara 2,Lomba Pidato Bhs. Inggris ,Nasional - Herpin Dwijayanti (9-10 Feb 2008)
  9. Indonesian Varsities English Debate 2008[Nasional] - Andy Hakiem Nasution,Aeshapadma,Ruli Mahendra (Jan 2008)


Sumber: http://www.stttelkom.ac.id / Tyas S.A